web analytics

TINGKATKAN ANIMO DAN JUMLAH MAHASISWA ASING, UIN SUSKA RIAU GANDENG ZARA ZAKIAH EDUCATION SDN BHD

uin-suska.ac.id.  Untuk mencapai indikator utama dari jabaran visi-misi UIN Suska Riau yang Gemilang dan Terbilang Tahun 2025 sekaligus rangking universitas di tingkat kawasan, peningkatan jumlah mahasiswa asing atau International Students menjadi satu keniscayaan. Meskipun jumlah mahasiswa dari sejumlah negara yang sedang menempuh studi mulai untuk Program Sarjana (S1), Magister (S2) hingga Doktor (S3) terus meningkat, namun amat urgen untuk terus ditingkatkan jumlahnya sehingga sebarannya lebih merata ke semua program studi (Prodi).

Untuk mencapai target baik dari sisi jumlah, kualitas dan sebarannya, UIN Suska Riau telah bekerjasama dengan satu lembaga yaitu Zara Zakiah Education SDN BHD, asal Malaysia. Lembaga ini tercatat telah lama aktif dan produktif bergerak di bidang perekrutan mahasiswa dari berbagai negara untuk difasilitasi melanjutkan pendidikan tinggi termasuk ke Indonesia. Terus bertambahnya animo, minat dan tentu jumlah mahasiswa asing terutama asal Malaysia belajar ke UIN Suska Riau merupakan hasil implementasi kerjasama dengan lembaga tersebut selain dilakukan rekrutmen melalui jaringan para alumni yang telah kembali ke negaranya dan berkiprah di berbagai sektor.

Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Lantai.4, Gedung Rektorat, Prof. Edi Erwan, S.Pt.,M.Sc.,Ph.D selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama bersama pimpinan lainnya serta Tim Kerjasama telah menyambut baik kunjungan sekaligus pembahasan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Zara Zakiah Education SDN BHD. “Kunjungan akademik untuk lebih memperkuat jalinan kerjasama oleh Zara Zakiah Education SDN BHD tentu amat disambut baik dan diharapkan mampu meningkatkan animo dan minat mahasiswa  asing lanjutkan pendidikan atau kuliah ke berbagai program studi di UIN Suska Riau” terang Edi Erwan.

Senada dengan harapan tersebut, Chief Operating Officer (COO) Zara Zakiah Education SDN BHD, Mohd. Annawi bin Shamsudin mengapresiasi atas kepercayaan dan kerjasama yang baik yang telah diberikan UIN Suska Riau kepada lembaga yang dipimpinnya. Menurutnya, “UIN Suska Riau merupakan universitas pilihan utama di Indonesia, dan dari para calon pelajar asal Malaysia minat untuk studi ke berbagai program studi. Ini dibuktikan dengan terus bertambahnya para mahasiswa yang masuk/kuliah ke kampus yang berbasis integrasi ilmu ke-Islaman dengan Sains di Riau ini”.

Dalam kegiatan ini juga, dibahas peluang kerjasama lain seperti beasiswa untuk mahasiswa asing, proses penyetaraan ijazah, pengurusan visa pelajar dan izin tinggal serta program pengenalan akademik selama mengikuti proses perkuliah di UIN Suska Riau. “Kedepan, pasca ditandatanganinya MoU dan dilanjutkan MoA oleh 8 fakultas dengan Zara Zakiah Education SDN BHD, agar lebih dioptimalkan implementasinya, sehingga target jumlah mahasiswa asing terpenuhi ke semua program studi. Kerjasama ini juga berdampak positif bukan hanya untuk institusi, namun hubungan baik Indonesia-Malaysia bahkan citra positif pendidikan tinggi UIN Suska Riau di tingkat Global” pungkas Edi Erwan.