web analytics

SAMBUT MILAD KE-54 IAIN/UIN SUSKA RIAU DIREKTUR PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM KEMENAG RI TANAM POHON SECARA SIMBOLIS

uin-suska.ic.id Dalam rangka memperingati Milad ke-54, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan kegiatan penanaman pohon sebagai bagian dari upaya penghijauan kampus. Acara yang berlangsung pada Jumat, 13 September 2024, dihadiri oleh berbagai pimpinan universitas serta perwakilan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Kegiatan ini bertujuan untuk mempertegas komitmen UIN Suska Riau dalam pelestarian lingkungan serta mendorong terciptanya kampus yang lebih hijau dan sehat.

Acara tersebut dimulai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. Penanaman pohon ini sebagai tanda dimulainya gerakan penanaman 900 batang pohon, yang merupakan hibah dari PT Arara Abadi dan PT Sinar Mas. Penanaman pohon ini juga sebagai langkah konkret universitas dalam mendukung program pelestarian lingkungan.

Selain Prof. Ahmad Zainul Hamdi, acara ini dihadiri pula oleh berbagai pimpinan universitas seperti Wakil Rektor, Direktur Pasca, Dekan, Kepala Biro, Kabag, serta Ketua Tim dari berbagai fakultas di lingkungan UIN Suska Riau.

Dari total 900 batang pohon yang ditanam, sebagian besar merupakan pohon buah, sedangkan sisanya terdiri dari berbagai jenis pohon seperti Galam, Pinus,Tanjung, dan Gantangur. Variasi pohon ini dipilih untuk memberikan keseimbangan ekologis, meningkatkan kualitas udara, serta memperkaya keanekaragaman hayati di lingkungan kampus.

Tujuan utama penanaman pohon ini adalah untuk meningkatkan ruang hijau di kawasan kampus, sekaligus menjadi langkah nyata dalam mendukung gerakan penghijauan dan pelestarian lingkungan. Penanaman ini tidak hanya memberikan manfaat ekologis, tetapi juga menjadi bagian dari upaya pendidikan lingkungan bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar. Keterlibatan berbagai pihak dalam acara ini mencerminkan sinergi yang kuat antara dunia pendidikan, pemerintah, dan sektor swasta dalam mewujudkan kampus yang lebih ramah lingkungan.

Menanam dan memelihara pohon merupakan kegiatan berkelanjutan yang diharapkan memberi manfaat jangka panjang bagi terciptanya kepedulian dan budaya lingkungan hidup sehat baik bagi lingkungan kampus maupun masyarakat sekitar, dan menjadi simbol penting dalam rangka merayakan Milad IAIN/UIN Suska Riau yang ke-54, sekaligus menjadi momentum untuk mempererat kolaborasi antara institusi pendidikan dan pihak swasta dalam mendukung kelestarian lingkungan.

Dengan kegiatan ini, UIN Suska Riau menegaskan peran institusi tidak hanya peduli terhadap akademik, tetapi juga terhadap pelestarian alam dan keseimbangan ekosistem. Partisipasi aktif dari seluruh elemen kampus dan pihak eksternal mencerminkan komitmen bersama dalam menciptakan kampus yang sehat, indah dan asri.