web analytics

Beri Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana UIN Suska Riau, pesan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI: Tingkatkan Kompetensi Keilmuan dan Akademik

uin-suska.ac.id Kegiatan Peningkatan Kompetensi Keilmuan dan Akademik bagi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) yang diselenggarakan di Royal Asnof Hotel Pekanbaru pada tanggal 13 September 2024 sebagai petanda dimulainya perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 berlangsung dengan penuh antusiasme. Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag., didampingi oleh Wakil Rektor I, II, dan III. Selain itu, turut hadir Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Ilyas Husti, M.A., para dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan Pascasarjana UIN Suska Riau.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi akademik dan keilmuan mahasiswa pascasarjana sebagai bagian dari upaya mendukung keberhasilan dalam perjalanan akademik mereka. Dalam kuliah umum yang diselenggarakan ini, narasumber utama adalah Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag RI. Kehadiran beliau membawa wawasan baru yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu di kalangan mahasiswa Pascasarjana, khususnya dalam menghadapi tantangan dunia akademik di era yang semakin kompleks.

“Kegiatan ini memiliki arti penting dalam memperkuat pondasi keilmuan dan akademik kita semua. Sebagai institusi pendidikan tinggi, UIN Suska Riau selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar terbaik bagi para mahasiswa. Melalui kegiatan ini, kita berharap bisa mendorong mahasiswa untuk semakin bersemangat dalam menempuh perjalanan akademik, dengan kualitas keilmuan yang semakin baik. kami berterima kasih kepada Prof. Ahmad Zainul Hamdi yang telah bersedia hadir dan membagikan ilmu serta pengalamannya. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh peserta” ucap Rektor

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag RI, yang telah berkenan menjadi narasumber dalam acara ini. Kehadiran beliau diharapkan dapat memberikan wawasan dan inspirasi baru bagi kita semua dalam menghadapi tantangan akademik yang semakin kompleks.semoga kuliah umum ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan kualitas akademik dan keilmuan mahasiswa kami. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak yang terlibat”, ucap Direktur Pascasarjana

Di hadapan para pimpinan, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag atau yang biasa akrab disapa Prof. Inung menyampaikan tentang “Peran Perguruan Tinggi Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Riset, dan Inovasi”. Beliau menekankan Perguruan tinggi keagamaan Islam memiliki tanggung jawab besar dalam mencetak generasi yang tidak hanya unggul secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas moral dan spiritual yang kuat. Dalam hal ini, Pascasarjana berperan strategis dalam terciptanya SDM unggul yang berdaya saing di tingkat Nasional dan Internasional,” ujar Prof. Inung.

Prof. Inung menyoroti perlunya membangun kampus akademik yang produktif, baik dari segi output lulusan maupun kontribusi terhadap masyarakat. Peningkatan mutu PTKIN harus menjadi prioritas, dengan menekankan pada kualitas pendidikan, layanan akademik, serta riset yang inovatif.

“Mahasiswa Pascasarjana, kalian berada pada titik penting dalam perjalanan akademik. Jangan pernah berhenti belajar dan mencari ilmu, karena hanya dengan ilmu yang mendalam, kita bisa berkontribusi lebih baik bagi masyarakat, bangsa, dan agama. Jadikanlah kegiatan ini sebagai momen untuk memperdalam pengetahuan dan memperkuat komitmen kalian dalam dunia akademik. Semoga ilmu yang kita pelajari hari ini membawa manfaat yang besar, dan bisa bermanfaat bagi kita semua” ucap Prof. Inung.