web analytics

PASCASARJANA UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU GELAR ASESMEN LAPANGAN PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM JENJANG S2

uin-suska.ac.id Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau kembali menggelar Asesmen Lapangan untuk Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) jenjang S2 yang di laksanakan selama dua hari yakni 23 sd 24 September 2024, bertempat di Ruang Rapat Pascasarjana UIN Suska Riau Senin, 23 September 2024. Asesmen ini merupakan bagian dari evaluasi untuk menilai kualitas dan kinerja program studi yang bersangkutan, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil penilaian akreditasi yang terbaik.

Dalam kesempatan tersebut, acara dihadiri oleh pimpinan di lingkungan UIN Suska Riau, termasuk Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Kepala Biro AUPK dan AAKK, Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, serta sejumlah Stakeholder Internal yakni Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Kapus PTIPD, Kapus Perpustakaan, Dosen, dan pimpinan lainnya di lingkungan universitas.

Rektor UIN Suska Riau, menyambut baik kehadiran para asesor yang datang untuk melakukan asesmen lapangan. Ia menegaskan bahwa universitas berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam proses ini. “Selamat datang asesor di UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Kami siap memberikan dukungan penuh dan menyiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk proses ini. Kami berharap segala upaya dan lelah yang telah kita lalui selama ini akan terbayar dengan hasil yang unggul”, ujarnya.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada kedua asesor yang telah meluangkan waktu untuk datang dan berharap agar proses ini memberikan keberkahan bagi semua pihak yang terlibat.

Salah satu asesor yang hadir, Prof. Dr. Hj. Eliana Sari, M.M. dari Universitas Negeri Jakarta, dalam sambutannya menyatakan optimismenya terhadap potensi Prodi MPI UIN Suska Riau. Ia bahkan melihat peluang besar bagi program ini untuk menjadi benchmark di Level Internasional.

“Saya berpikir bahwa MPI UIN Suska ini bisa menjadi benchmark tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara sekitar ASEAN dan Asia. Tentu, untuk mencapai itu, perlu diiringi dengan good governance dan strategi global yang kuat,” tutur Prof. Eliana Sari.

Ia juga menambahkan bahwa proses asesmen ini merupakan kolaborasi intensif antara asesor dan pihak universitas. “Apapun hasil terbaiknya nanti, harus kita ikhtiarkan bersama. Saya juga mohon maaf apabila dalam dua hari ke depan kami akan banyak merepotkan. Namun, kami berharap kerjasama yang optimal dan kooperatif dari semua pihak”, ujarnya.

Asesor kedua, Prof. Dr. Eka Daryanto, M.T., IPM dari Universitas Negeri Medan, menyatakan bahwa kedatangan tim asesor bertujuan untuk mengonfirmasi keabsahan dokumen yang telah dikirimkan sebelumnya oleh pihak UIN Suska Riau.

“Kami berdua datang untuk mengonfirmasi dokumen yang Bapak Ibu kirimkan. Banyak hal yang mungkin tidak terlihat dari dokumen, tetapi setelah datang langsung, kami menemukan banyak data yang jauh lebih bermanfaat,” ungkap Prof. Eka Daryanto.

Ia juga menjelaskan bahwa tugasnya akan dibagi antara kedua asesor, di mana Prof. Eliana Sari akan lebih fokus menggali dokumen secara mendalam, sementara dirinya akan langsung berdiskusi dengan stakeholder, mahasiswa, serta dosen untuk menggali potensi dan keunggulan program studi ini.

Proses Aasesmen Lapangan ini diharapkan dapat memberikan hasil yang positif, yakni peningkatan status Akreditasi Program Studi MPI menjadi lebih Unggul. Upaya ini tidak hanya untuk kepentingan internal universitas, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk menjadikan UIN Suska Riau sebagai salah satu pusat pendidikan Islam terkemuka, dan mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.

Dengan sinergi antara pimpinan universitas, dosen, serta para asesor, diharapkan evaluasi ini berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal, sesuai harapan seluruh civitas akademika UIN Suska Riau.