web analytics

TIGA ORANG DOSEN TERBAIK UIN SUSKA RIAU TERPILIH UNTUK LANJUTKAN PROGRAM VISITING PROFESSOR TAHAP III KE KAZAKHSTAN

uin-suska.ac.id Pakta Integritas yang telah ditandatangani Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Menteri Agama RI terkait Internasionalisasi Perguruan Tinggi secara konsisten dan kontinyu telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.  Di tahun 2024, tercatat 3 (tiga) orang dosen terbaik telah dinyatakan lulus seleksi untuk mengikuti Program Visiting Professor (VP) di Kazakhstan. Sebagaimana disampaikan Rektor, Prof. Dr. Hairunas, M.Ag, “Kerjasama Luar Negeri yang aktif dikembangkan oleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau bukan hanya seremonial penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) semata, namun yang terpenting adalah implementasinya dalam berbagai kegiatan akademik serta dampaknya terhadap pengembangan institusi bahkan citra pendidikan tinggi Indonesia di Luar Negeri”.

Sebelum keberangkatan, Prof. Dr. Hairunas, M.Ag menyampaikan selamat dan tahniah atas terpilihnya Dr. Zulfahmi, M.Si, Dosen Program Studi Agroteknologi, Pertanian dan Peternakan; Prof. Dr. Hj. Okfalisa, M.Sc, Dosen Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi; dan Saide, S.Kom., M.Kom., M.IM., Ph.D, Dosen Program Studi Dosen Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi dalam Program VP tahun 2024 ke Dulaty Taraz Regional University (DU), dan Arkalyk Pedagogical Institute. “Pengiriman dosen-dosen terbaik yang dimiliki oleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau untuk program bergensi ini selain menjadi duta akademik juga membuktikan bahwa kita mampu bersaing bahkan semakin memperkuat bargaining position kampus Gemilang dan Terbilang di tingkat Internasional” ungkap Prof. Dr. Hairunas.

Selain mengajar dan membimbing mahasiswa, kedua universitas tersebut juga memberikan ruang kepada ketiga dosen sebagai “Invited Foreign Scientists” untuk melakukan penelitian ilmiah dan penerbitan hasil riset ke sejumlah jurnal terindeks Scopus berkolaborasi dengan akademisi baik dari DU, Arkalyk Pedagogical Institute maupun kampus/lembaga riset lain yang menjadi mitra penting Kementerian Pendidikan Kazakhstan. Program VP Tahap III yang didanai langsung oleh Kementerian Pendidikan Kazakhstan ini menjadi barometer penting akan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor sejalan dengan Roadmap Rencana Strategis (RenStra) Universitas, disamping meningkatkan status akreditasi program studi dan institusi.

Meskipun Program Visiting and Guest Lecturers juga telah suskes dilaksanakan ke sejumlah universitas di Kawasan Asean, namun pengiriman dosen ke Kazakhstan ini terbukti telah membangun citra positif universitas dan kepercayaan institusi pendidikan tinggi di Luar Negeri selain menjadi percontohan perguruan tinggi lain di Indonesia. “Rektor dan jajaran pimpinan telah berkomitmen untuk mendukung penuh implementasi kerjasama Luar Negeri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, sehingga akan berdampak luas untuk peningkatan SDM Indonesia yang Unggul, terutama yang berada di bawah Kementerian Agama RI” pungkas Prof. Dr. Hairunas.