Home / Fakultas / Dakwah dan Komunikasi / Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam

Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam

Visi

Terwujudnya  Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam bidang Bimbingan Konseling Karir dan Industri serta Bimbingan Konseling Keluarga dan Masyarakat yang unggul dan kompetitif dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman berbasis sains dan teknologi di Asia pada Tahun 2018.

 

Misi

  1. Untuk merealisasikan Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau 2014–2018 di atas, maka dirumuskanlah misi sebagai berikut:
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi keilmuan Bimbingan Konseling Karir dan Industri dan Bimbingan Konseling Keluarga dan Masyarakat untuk melahirkan lulusan yang unggul dan kompetitif;
  3. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan konsentrasi Bimbingan Konseling Karir dan Industri serta Bimbingan Konseling Keluarga dan Masyarakat.
  4. Memanfaatkan ilmu konseling untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan akhlakul karimah.
  5. Mengembangkan sumber daya insani yang mempunyai kapabilitas, integritas, dan etos untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi berbasis konseling islami.

Tujuan

Dengan mengacu pada misi di atas, maka Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau menetapkan tujuan pengembangan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan sarjana yang unggul dan kompetitif mempunyai iman yang kuat, pengetahuan yang luas, keterampilan yang tinggi, serta berpegang teguh kepada landasan, azas, fungsi dan prinsip dalam konseling islami
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang inovatif, kreatif dan terintegrasi terhadap bimbingan dan konseling islam berbasis riset dalam beragam aspek kehidupan untuk kemaslahatan manusia.
  3. Berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan yang inovatif dan kreatif dalam membentuk akhlakul karimah dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lil-alamin.
  4. Menjadikan Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau memiliki sumber daya insani sebagai agen-agen perubahan (agents of change) di kawasan Asia

 

Bimbingan Penyuluhan Islam

Ketua

Sekretaris

Zulamri, S. Ag, MA

Rahmad, M. Pd