Home / Fakultas / Syariah dan Hukum / Jurusan Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)

Jurusan Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)

Visi

Terwujudnya Program Studi Ahwal al-Syakhsiyah sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Islam pilihan utama pada tingkat dunia dalam bidang Peradilan Agama dan Hukum Keluarga Islam pada tahun 2018

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional dalam bidang Peradilan Agama dan hukum keluarga Islam serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bidang peradilan dan hukum keluarga dengan menggunakan paradigma Islami.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan pengetahuan tentang peradilan agama dan hukum keluarga berdasarkan paradigma islami.
  4. Menyelenggarakan tatapamong perguruan yang otonom, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana syariah yang ahli dan profesional dalam bidang peradilan agama dan hukum keluarga Islam.
  2. Menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian dan pengabdian pada masyarakat yang dapat dijadikan referensi dalam bidang peradilan agama dan hukum keluarga Islam.
  3. Menghasilkan kinerja instansi yang efektif untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkelanjutan.

Prospek Pekerjaan

  1. Hakim PA/PTA di Mahkamah Agung
  2. Dosen
  3. Penghulu dan Kepala KUA
  4. BP4 KUA
  5. Penyuluh Agama di KUA
  6. Pegawai Administratif Kemenag/Pemda
  7. Konsultan Hukum Keluarga Islam
  8. Advokad
  9. Politisi/Legislatif
  10. Penyuluh KB (BKKBN)