Home / Fakultas / Syariah dan Hukum / Jurusan Hukum Tata Negara (Siyasah)

Jurusan Hukum Tata Negara (Siyasah)

Visi

Mewujudkan Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) sebagai wadah pendidikan tinggi Islam Utama dan berkualitas di dunia yang mempelopori pengembangan sistem Hukum Tata Negara Islam secara profesional dan Integral di Tahun 2018

 

Misi

  1. Islam sebagai agarna, pemikiran dan peradaban dalam era globalisasi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan kesarjanaan dalam disiplin ilmu. Hukum Islam terutarna di bidang Politik Islam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pemerintah.
  3. Melaksanakan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang hukum, terutama dalam bidang hukum tata negara dengan mempergunakan paradigma Islami.
  4. Melaksanakan pengabdian pads masyarakat secara integral dengan menggunakan paradigma Islami.
  5. Menyiapkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang hukum tata negara Islam dan pranata sosial.

 

Tujuan

  1. Menjadikan prodi Hukum Tata Negara (Siyasah) yang mampu menyelenggarakan program pendidikan tinggi di bidang Hukum Tata Negara Islam yang bermutu, efisien, dan mengakomodasi minat mahasiswa.
  2. Menghasilkan Sarjana Hukum Islam yang profesional dan mampu mengidentifikasikan permasalahan sosial kontemporer serta tanggap terhadap perubahan masyarakat.
  3. Mewujudkan Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah) sebagai pusat keunggulan ilmu-ilmu Syariah di tingkat nasional, regional dan internasional.
  4. Membudayakan masyarakat akademis untuk melakukan penelitian sebagai dasar pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam penyelenggaraan pendidikan

Sasaran

  1. Mengembangkan ilmu Hukum Tata Negara
  2. Mengembangkan paradigma keilmuan yang berbasis aq
  3. Mewujudkan keunggulan akademik.