Home / Fakultas / Syariah dan Hukum / Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum

Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum

Visi

Terwujudnya Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Pilihan Utama yang Mengembangkan Hukum Islam, Perundang-undangan secara Komperatif dan Integral di Tingkat Dunia pada Tahun 2023

 

 Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional dalam bidang hukum dan Mengistinbatkan hukum.
  2. Menjadikan jurusan PMH sebagai sarana untuk membentuk sumber daya manusia yang professional dalam bidang perbandingan mazhab dan mengeluarkan sarjana ulama yang mujtahid.
  3. Menyiapkan sumberdaya manusia untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Tujuan:

  1. Menjadikan program studi Perbandingan Mazhab dan Hukum yang mampu menyelenggarakan program pendidikan tinggi di bidang peradilan dan hukum Islam yang bermutu, efisien, dan mengakomodasi minat mahasiswa .
  2. Menghasilkan sarjana hukum Islam yang profesional dan mampu mengidentifikasi permasalahan sosial kontemporer serta tanggap terhadap perubahan masyarakat.
  3. Mewujudkan program studi Perbandingan Mazhab dan Hukum sebagai pusat keunggulan ilmu-ilmu syari’ah di tingkat nasional dan regional.
  4. Membudayakan masyarkat akademis untuk melakukan penelitian sebagai dasar pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam penyelenggaraan pendidikan.

Prospek Pekerjaan  

Prodi ini menghasilkan sarjana ahli di bidang perbandingan mazhab dan hukum yang dapat terkait istimbath hukum  dan ahli mengayomi masyarakat di bidang hukum. Problem istimbath dan ifta’ yang cendrung mengalami kekosongan karena ketidakmampuan merumuskan hukum sesuai dengan metodologinya menyebabkan prodi ini mendapatkan peluang untuk mengabdikan dirinya baik di instansi pemerintah seperti peradilan agama ataupun masyarkat sebagai arbitrator, ataupun menyelesaikan masalah-masalah waris yang dimintakan oleh masyarakat dan panutan masyarakat di bidang hukum